Single-Dimensional Arrays C#


Kita dapat mendeklarasikan array satu dimensi dari lima bilangan bulat seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut:
int[] array = new int[5];
Array ini berisi elemen dari array [0] ke array [4]. Operator New digunakan untuk membuat array dan menginisialisasi elemen array ke nilai defaultnya. Dalam contoh ini, semua elemen array diinisialisasi ke nol. Array yang menyimpan elemen string dapat dinyatakan dengan cara yang sama. Sebagai contoh:
string[] stringArray = new string[6];

  • Array Initialization 

Hal ini dimungkinkan untuk menginisialisasi array pada deklarasi, dalam hal ini, rank specifier tidak diperlukan karena sudah disediakan oleh jumlah elemen dalam List inisialisasi. Sebagai contoh:
int[] array1 = new int[] { 1, 3, 5, 7, 9 };
Sebuah array string dapat diinisialisasi dengan cara yang sama. Berikut ini adalah deklarasi array string dimana setiap elemen array diinisialisasi dengan nama hari:
string[] weekDays = { "Sun", "Mon", "Tue", "Wed", "Thu", "Fri", "Sat" };
Saat Anda menginisialisasi array pada deklarasi, Anda dapat menggunakan cara berikut:
int[] array2 = { 1, 3, 5, 7, 9 };
string[] weekDays2 = { "Sun", "Mon", "Tue", "Wed", "Thu", "Fri", "Sat" };
Hal ini dimungkinkan untuk mendeklarasikan variabel array tanpa inisialisasi, namun Anda harus menggunakan operator new  saat Anda menetapkan array ke variabel ini. Sebagai contoh:
int[] array3;
array3 = new int[] { 1, 3, 5, 7, 9 };   // OK 
//array3 = {1, 3, 5, 7, 9};   // Error

  • Value Type and Reference Type Arrays 

Pertimbangkan deklarasi array berikut ini:
SomeType[] array4 = new SomeType[10];
Hasil dari pernyataan ini tergantung pada apakah SomeType adalah tipe nilai atau tipe referensi. Jika itu adalah tipe nilai, pernyataan tersebut menciptakan sebuah array dari 10 elemen, yang masing-masing memiliki tipe SomeType. Jika SomeType adalah tipe referensi, pernyataan tersebut membuat sebuah array dari 10 elemen, yang masing-masing diinisialisasi menjadi referensi nol.
Previous
Next Post »